Skip to content
Home » Daftar Tunggu Haji di Medan: Cara Mendapatkan Nomor Urut untuk Naik Haji

Daftar Tunggu Haji di Medan: Cara Mendapatkan Nomor Urut untuk Naik Haji

Daftar Tunggu Haji di Medan: Cara Mendapatkan Nomor Urut untuk Naik Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan sekali seumur hidup bagi umat muslim yang mampu. Namun, karena jumlah kuota haji yang terbatas, tidak semua muslim dapat mengunjungi tanah suci setiap tahunnya. Daftar tunggu haji adalah cara bagi umat muslim untuk mendaftar dan menunggu giliran mendapatkan kesempatan untuk naik haji.

Bagi umat muslim di Medan, Indonesia, daftar tunggu haji di Medan dapat dilakukan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. Namun, untuk mendapatkan nomor urut yang dipakai sebagai acuan dalam daftar tunggu haji, terdapat beberapa syarat dan prosedur yang harus dijalani.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diikuti dalam mendapatkan nomor urut daftar tunggu haji di Medan:

1. Memiliki KTP Medan

Syarat pertama untuk dapat mendaftar tunggu haji di Medan adalah harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terdaftar di wilayah Medan. KTP tersebut harus masih berlaku dan tidak dalam proses perpanjangan atau penggantian.

2. Mendaftar di KUA Setempat

Untuk mendapatkan nomor urut daftar tunggu haji, calon jamaah harus mendaftar di KUA setempat. Pendaftaran dapat dilakukan dengan membawa dokumen-dokumen seperti KTP, bukti bayar SPPH (Sumbangan Pembangunan Pembinaan Haji), dan pas foto.

3. Melunasi Biaya SPPH

Selain membawa dokumen-dokumen, calon jamaah juga diharuskan untuk melunasi biaya SPPH. SPPH adalah sumbangan yang harus dibayarkan setiap tahunnya sebagai bagian dari persiapan keberangkatan naik haji. Besar biaya SPPH bervariasi tergantung pada daerah dan tahun SPPH yang dibayarkan.

4. Menyebutkan Tahun Keinginan Berangkat

Saat mendaftar di KUA, calon jamaah diharuskan menyebutkan tahun keinginan berangkat naik haji. Hal ini penting untuk menentukan urutan dalam daftar tunggu haji. Semakin lama menunggu, maka semakin tinggi pula nomor urut yang akan diterima.

BACA JUGA:   Jenis-jenis Ibadah Haji: Sebutan dan Penjelasannya

5. Menjadi Anggota KBIH

KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) adalah lembaga yang akan membimbing dan mempersiapkan calon jamaah untuk pergi naik haji. Oleh karena itu, menjadi anggota KBIH dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan nomor urut di daftar tunggu haji.

Itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan nomor urut daftar tunggu haji di Medan. Meskipun prosesnya cukup panjang dan rumit, namun kesempatan untuk mewujudkan impian untuk naik haji adalah sangat besar. Semoga tips ini bermanfaat bagi calon jamaah yang ingin mendaftar tunggu haji di Medan. Aamiin.