Skip to content
Home » Apa itu Zakat Fitrah dan Mal?

Apa itu Zakat Fitrah dan Mal?

Apa itu Zakat Fitrah dan Mal?

Pengantar

Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim, sudah seharusnya mengenal zakat sebagai salah satu kewajiban umat Islam. Zakat sendiri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah zakat fitrah dan zakat mal. Di sini kita akan membahas apa itu zakat fitrah dan mal serta bagaimana cara menghitungnya.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang Muslim pada bulan Ramadan sebagai tanda syukur atas nikmat bulan puasa. Zakat fitrah diberikan dengan jumlah tertentu yang disesuaikan dengan makanan pokok di wilayah masing-masing.

Jumlah zakat fitrah yang disarankan oleh MUI adalah 2,5 kilogram beras atau jenis makanan pokok lainnya yang setara. Jika seseorang tidak mampu memberikan zakat fitrah yang sebesar itu, dia masih dapat memberikan zakat fitrah dalam bentuk uang dengan nilai yang sesuai dengan harga 2,5 kilogram beras di wilayah tersebut.

Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh seorang Muslim selama satu tahun hijriah atau sekitar 354 hari. Zakat mal wajib diberikan pada harta yang mencapai nisab atau batas tertentu.

Nisab zakat mal yang ditetapkan MUI adalah senilai 85 gram emas atau senilai harta yang disimpan selama satu tahun hijriah yang setara dengan nisab tersebut. Jika harta seseorang belum mencapai nisab tersebut, dia tidak diwajibkan untuk memberikan zakat mal.

Bagaimana Menghitung Zakat

Menghitung zakat bisa menjadi hal yang rumit bagi beberapa orang. Maka dari itu, beberapa organisasi Islam menyediakan kalkulator zakat online yang dapat membantu menghitung zakat dengan mudah dan akurat.

Untuk menghitung zakat fitrah, seseorang cukup mengalikan jumlah orang yang diberikan zakat dengan jumlah beras atau makanan pokok lainnya yang disarankan. Sedangkan untuk menghitung zakat mal, seseorang harus mengetahui besarannya dari harta yang dimiliki, kemudian menghitung zakat sebagai persentase dari total harta yang dimiliki.

BACA JUGA:   Apa Saja Yang Dizakatkan? Jumlah Zakat yang Harus Dibayar

Kesimpulan

Zakat fitrah dan zakat mal adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang Muslim. Menghitung zakat bisa menjadi rumit, namun dengan bantuan kalkulator zakat online, seseorang dapat menghitung dengan mudah dan akurat. Dengan membayar zakat, umat Islam dapat membantu sesama yang membutuhkan dan memperoleh pahala dari Allah SWT.