Skip to content
Home » Berapa Kg Aturan Zakat Fitrah 2019 untuk Beras

Berapa Kg Aturan Zakat Fitrah 2019 untuk Beras

Berapa Kg Aturan Zakat Fitrah 2019 untuk Beras

Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan sebagai wujud syukur atas nikmat berpuasa. Zakat fitrah ini biasanya dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok yang berbeda-beda di setiap daerah. Namun, bagi yang ingin memberikan zakat fitrah dalam bentuk beras, perlu mengetahui berapa kg aturan zakat fitrah 2019 untuk beras.

Berapa Kg Aturan Zakat Fitrah 2019 untuk Beras?

Menurut aturan zakat fitrah 2019, setiap orang harus memberikan sebanyak 2,5 kg beras untuk zakat. Namun, aturan ini masih dapat berbeda-beda di setiap daerah tergantung dengan harga beras yang berlaku di daerah tersebut.

Bagi yang tinggal di daerah yang harga berasnya cukup murah, maka aturan zakat fitrah 2019 untuk beras tetap 2,5 kg. Namun, bagi yang tinggal di daerah dengan harga beras yang lebih mahal, aturan zakat fitrah 2019 untuk beras bisa berubah menjadi lebih banyak.

Perhitungan Berapa Kg Aturan Zakat Fitrah 2019 untuk Beras

Untuk mengetahui berapa jumlah kg beras yang harus dikeluarkan sebagai zakat fitrah, berikut adalah cara perhitungannya:

  1. Cari tahu harga beras yang berlaku di daerahmu pada saat menjelang Idul Fitri.
  2. Setelah mengetahui harga beras yang berlaku, kalikan dengan 2,5 kg.
  3. Hasil dari perhitungan tersebut adalah jumlah kg beras yang harus dikeluarkan sebagai zakat fitrah.

Alasan Memberikan Zakat Fitrah dalam Bentuk Beras

Banyak yang berpendapat bahwa memberikan zakat fitrah dalam bentuk beras lebih bermanfaat daripada memberikan dalam bentuk uang. Hal ini karena dalam bentuk beras, zakat fitrah dapat langsung dikonsumsi oleh orang yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Apa yang Dimaksud dengan Zakat Mal dan Zakat An?

Selain itu, memberikan beras juga dapat membantu mendorong produksi padi di Indonesia. Karena semakin banyak yang membeli beras dari petani, maka semakin terjamin pula keberlangsungan produksi padi di Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan aturan zakat fitrah 2019, setiap orang harus memberikan sebanyak 2,5 kg beras untuk zakat. Namun, aturan ini masih dapat berbeda-beda di setiap daerah tergantung dengan harga beras yang berlaku di daerah tersebut. Bagi yang ingin memberikan zakat fitrah dalam bentuk beras, dapat menghitung jumlahnya dengan cara mencari tahu harga beras dan mengalikannya dengan 2,5 kg.

Memberikan zakat fitrah dalam bentuk beras dapat menjadi bentuk kebaikan bagi yang membutuhkan serta membantu mendorong produksi padi di Indonesia. Oleh karena itu, mari kita saling berbagi kebaikan dan melakukan zakat fitrah dengan sungguh-sungguh.