Skip to content
Home » Apa Hukum Mengeluarkan Zakat Mal?

Apa Hukum Mengeluarkan Zakat Mal?

Apa Hukum Mengeluarkan Zakat Mal?

Zakat Mal adalah sebuah kewajiban bagi umat Muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab atau batas tertentu. Hukum mengeluarkan zakat mal bagi umat Islam adalah fardhu atau wajib, dan menjadi rukun Islam yang kelima. Lalu, apa hukum mengeluarkan zakat mal?

Hukum Mengeluarkan Zakat Mal

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran, Allah SWT menegaskan bahwa zakat adalah kewajiban bagi umat Muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab. Ayat Al-Quran tersebut adalah sebagai berikut:

"Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebahagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan dan tidak ada lagi syafaat. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim." (QS. Al-Baqarah: 254)

Dalam hadist dari Nabi Muhammad SAW, zakat mal menjadi kewajiban bagi umat Muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab. Sementara itu, nisab yang digunakan sebagai batasan untuk mengeluarkan zakat mal adalah sebesar 85 gram emas atau setara dengan nilai uang sebesar 85 gram emas.

Manfaat Mengeluarkan Zakat Mal

Mengeluarkan zakat mal bagi umat Muslim memiliki banyak manfaat baik secara materi maupun spiritual. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengeluarkan zakat mal:

1. Memenuhi Kewajiban sebagai Umat Muslim

Mengeluarkan zakat mal berarti memenuhi kewajiban sebagai umat Muslim dalam menjalankan ibadahnya. Tidak mengeluarkan zakat mal berarti mempertaruhkan dosa yang besar di hadapan Allah SWT.

BACA JUGA:   Berapa Nominal untuk Bayar Zakat Fitrah?

2. Membantu Meringankan Beban Orang Miskin

Zakat mal yang dikeluarkan akan digunakan untuk membantu orang miskin dan memenuhi kebutuhan mereka.

3. Membersihkan Harta dan Jiwa

Mengeluarkan zakat mal juga dapat membersihkan harta dan jiwa dari sifat serakah dan keserakahan.

4. Mendapat Berkah dan Kebahagiaan

Mengeluarkan zakat mal juga dapat memberikan berkah dan kebahagiaan dalam kehidupan.

Cara Mengeluarkan Zakat Mal

Dalam mengeluarkan zakat mal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut adalah beberapa panduan cara mengeluarkan zakat mal:

  1. Memastikan bahwa harta yang dimiliki telah mencapai nisab yang ditentukan dalam Islam.

  2. Menghitung besarnya zakat yang harus dikeluarkan, yang biasanya sebesar 2,5% dari harta yang terkumpul.

  3. Menyalurkan zakat mal ke lembaga atau organisasi yang berkompeten dalam menyalurkan bantuan kepada orang miskin.

Kesimpulan

Dalam Islam, mengeluarkan zakat mal adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab. Hukum mengeluarkan zakat mal adalah fardhu atau wajib, dan menjadi rukun Islam yang kelima. Selain itu, mengeluarkan zakat mal juga memiliki banyak manfaat baik secara materi maupun spiritual. Sebagai umat Muslim, kita harus memastikan bahwa kita memenuhi kewajiban kita dalam mengeluarkan zakat mal dengan benar dan tepat waktu.