Skip to content
Home » Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Maal

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Maal

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Maal

Zakat Maal merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang harus dipenuhi sepanjang tahun. Zakat Maal merupakan zakat yang dikeluarkan dari harta yang kita miliki. Zakat Maal pada umumnya dikeluarkan sebesar 2,5% dari total harta yang kita miliki dan dikeluarkan pada setiap tahunnya. Bagaimana cara mengeluarkan Zakat Maal secara tepat dan benar? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Menghitung Harta

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengeluarkan Zakat Maal adalah dengan menghitung total harta yang kita miliki. Harta yang dimaksud adalah kepemilikan kita seperti tabungan, saham, emas, properti dan sebagainya. Setelah menghitung total harta, dapat langsung dikonversikan ke dalam bentuk uang.

2. Menentukan Nisab

Nisab adalah jumlah batas minimal kepemilikan harta yang harus dipenuhi sebelum mengeluarkan Zakat Maal. Nisab yang digunakan pada Zakat Maal adalah sebesar 85 gram emas atau setara dengan nilai uang yang dapat dibeli dengan 85 gram emas. Jika harta yang kita miliki tidak melebihi nisab, maka kita tidak wajib mengeluarkan zakat.

3. Menentukan Besaran Zakat

Besaran Zakat Maal yang harus dikeluarkan sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki. Namun, jika harta yang dimiliki melebihi nisab, maka dikeluarkan sebesar 2,5% dari nilai total harta tersebut.

4. Membayar Zakat

Setelah menghitung total hartanya, menentukan nisab dan besaran zakat, kita dapat langsung membayar zakat ke lembaga zakat yang telah terpercaya.

5. Cara Lainnya

Selain membayar zakat secara langsung ke lembaga yang memang telah terpercaya, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan dalam mengeluarkan Zakat Maal. Salah satunya adalah dengan memilih program zakat yang telah disediakan oleh beberapa bank. Selain itu, kita juga dapat langsung memberikan zakat kepada orang yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Yang Wajib Zakat Harta

Dalam mengeluarkan Zakat Maal, sebagai umat Islam kita ditekankan untuk melakukan sesuai dengan tuntunan agama. Zakat Maal dikeluarkan untuk membantu meringankan beban yang dihadapi oleh orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa zakat yang kita keluarkan sudah sampai kepada pihak yang benar-benar membutuhkan dengan cara yang baik dan benar. Yuk, keluarkan zakat kita dengan cara yang benar dan dengan hal yang menyenangkan!