Skip to content
Home » Kajian Doa Haji dan Artinya

Kajian Doa Haji dan Artinya

Kajian Doa Haji dan Artinya

Saat memasuki bulan Dzulhijjah, umat Islam mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Salah satu doa yang biasanya dibaca saat melakukan ibadah haji adalah doa haji. Doa ini memiliki makna yang sangat dalam dan penuh dengan keutamaan. Berikut adalah penjelasan mengenai doa haji serta artinya.

Pengertian Doa Haji

Doa haji adalah doa yang dibaca oleh jamaah haji saat mereka berkumpul di Arafah pada hari ketentuan. Doa ini biasanya dibaca di atas bukit yang bernama bukit Rahmah. Doa ini juga biasa dibaca saat melaksanakan tawaf wada, yaitu saat jamaah haji akan pulang ke negara asal setelah menunaikan ibadah haji.

Doa Haji dan Artinya

Berikut adalah teks lengkap dari doa haji beserta artinya:

أللّهمَّ إنِّي أسْألُك بأنَّ لكَ الحمدُ وَ الشُكْرُ، لا إلهَ إلاَّ أنْتَ وَحْدَكَ، لا شَرِيكَ لَكَ، المَنَّانُ المَنِّيُّ الدَّيَّانُ، الحَيُّ القَيُّومُ، الذي لا يَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ، اهْدِنِي لِمَا يَرْضِيكَ، وَاصْرِفْ عَنِّي مَا يُؤْذِيكَ، وَاجْعَلِ الْعَمَلَ الصَّالِحَ خَوَاتِيمَ أعْمَالِي، واصْرِفْ عَنِّي بِرَحْمَتِكَ هَوَائِجَ الدُّنْيَا وَآثَامَهَا، وَآثَارَ الآخِرَةِ لا تُؤَاخِذُنِي عَلَيْهَا، وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ في عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ.

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan segala kesyukuran dan rasa syukur, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau satu-satunya, tidak ada yang sebanding dengan-Mu, Maha Pemurah, Tempat Kembali, Penguasa yang Hidup dan Kekal, yang tidak diliputi oleh tidur atau kelelahan. Wahai Yang Hidup, Wahai Yang Kekal, tunjukkanlah aku pada apa yang Engkau ridhai, dan jauhkanlah aku dari apa yang Engkau murkai. Jadikanlah semua amal baik sebagai penutup dari segala perbuatan dan berilah aku perlindungan dengan rahmat-Mu dari godaan dunia dan segala dosanya, dan janganlah Engkau lebih peduli atas dosa-dosa akhiratku. Dan masukkanlah aku dalam golongan hamba-Mu yang saleh."

BACA JUGA:   Contoh Doa untuk Tamu dari Orang yang Pulang Haji

Keutamaan Doa Haji

Doa haji memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaannya adalah doa ini membantu jamaah haji untuk menyadari keberadaan Allah SWT yang sebenarnya. Selain itu, doa ini juga mengajarkan makna syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada manusia. Doa haji juga membantu jamaah haji untuk memperbaiki diri agar bisa lebih taat kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Doa haji memiliki makna yang sangat dalam dan penuh dengan keutamaan. Sebagai muslim yang ingin meningkatkan kualitas ibadah, kita harus selalu berusaha memahami dan mengamalkan doa haji dengan sebaik-baiknya. Semoga dengan memahami tek haji ini, kita dapat lebih dekat kepada Allah SWT.