Skip to content
Home » Do’a Ketika Menerima Zakat Fitrah

Do’a Ketika Menerima Zakat Fitrah

Do’a Ketika Menerima Zakat Fitrah

Hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi tiba merupakan momen yang paling dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Saat ini, umat muslim mulai mempersiapkan banyak hal seperti menyambut tamu, memasak hidangan lezat, membeli baju baru, dan tentu saja, menunaikan zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu, baik laki-laki maupun perempuan, sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kesehatan dan kedamaian yang Allah berikan selama bulan suci Ramadan. Zakat fitrah sangat penting dilakukan karena selain dapat membersihkan jiwa dari sifat serakah dan kikir, juga dapat membantu sesama yang membutuhkan.

Ketika menerima zakat fitrah, ada beberapa do’a yang dapat kita panjatkan sebagai bentuk rasa syukur dan permintaan ampunan kepada Allah. Berikut adalah do’a ketika menerima zakat fitrah:

Do’a Ketika Menerima Zakat Fitrah Berdasarkan Hadis

"Allahumma Taqabbal Minni, wamin kulli muslimin, wamin kulli mu’minin, wamin kulli khairin." (HR. Abu Daud)

Artinya: "Ya Allah terimalah (zakat fitrah) dari kami dan dari setiap muslim, dari setiap orang mukmin, dan dari setiap orang yang berbuat baik."

Do’a tersebut diambil dari hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan memiliki arti yang sangat dalam. Dalam hadis tersebut, kita diajarkan untuk memohon agar Allah menerima zakat fitrah dari kita dan dari seluruh umat Islam tanpa terkecuali. Selain itu, kita juga diminta untuk memohon agar Allah menerima setiap amalan kebaikan yang kita lakukan selama bulan suci Ramadan.

BACA JUGA:   Kapan Sebaiknya Zakat Mall Dibayarkan

Do’a Untuk Memohon Ampunan

"Allahumma aghfirli warhamni, wa ‘afini, wa’fu anni."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosaku, kasihilah aku, lindungilah aku dari segala penyakit, dan hapuslah segala kesalahanku yang telah lalu."

Do’a ini mengandung permohonan untuk Allah mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan rahmat serta perlindungan pada diri kita. Kita juga memohon agar Allah memberikan kesembuhan bagi segala macam penyakit dan juga menghapus segala kesalahan kita yang telah lalu.

Do’a untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat

"Allahumma Rabbal ‘Alamin, asaloka khayraha wa khayra mafiha wa khayra ma ba’daha, wa’a’udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ba’daha."

Artinya: "Ya Allah, Tuhan seluruh alam, aku memohon kepada-Mu kebaikan dunianya, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang akan datang setelahnya. Aku juga memohon perlindungan dari kejahatan dunianya, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang akan datang setelahnya."

Do’a ini meminta kepada Allah agar memberikan kebaikan yang utuh dan menyeluruh dalam kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, kita juga memohon agar Allah melindungi kita dari segala kejahatan, baik itu kejahatan yang ada di dunia maupun di akhirat.

Do’a untuk Kesejahteraan dan Kebahagiaan

"Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta, khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastaththa’tu, a’udzu bika min syarri ma sana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alayya, wa abu’u bidzambi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudz dzunuba, illa Anta."

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku berusaha menjalankan perjanjian dan janji-Mu sejauh kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah aku lakukan, dan aku mengakui segala nikmat-Mu yang diberikan padaku. Aku juga mengakui dosaku dan memohon agar Engkau mengampuninya, karena tiada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau."

Do’a ini merupakan bentuk permohonan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan di segala aspek kehidupan kita. Kita juga memohon agar Allah memberikan rahmat-Nya dan mengampuni dosa-dosa kita.

BACA JUGA:   Apa Syarat Orang yang Diberi Zakat?

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Sesama Umat Muslim

Adapun dalam menjalin hubungan yang baik dengan sesama umat muslim ketika menerima zakat fitrah, hendaklah disampaikan dengan hati yang lembut dan penuh keikhlasan. Berikut contoh kalimat yang dapat kita ucapkan saat menerima zakat fitrah:

"Saya memohon maaf jika selama ini ada kesalahan dalam berteman, berniat baik untuk kemaslahatan umat dan harapan untuk kebaikan di dunia dan akhirat. Terima kasih atas zakat fitrah yang diberikan, semoga Allah membalas kebaikan saudara dengan pahala yang berlipat-lipat."

Dengan do’a-doa tersebut, semoga kita bisa melaksanakan kewajiban zakat fitrah dengan sebaik-baiknya. Mari kita jadikan momen Idul Fitri ini sebagai ajang untuk saling memaafkan, mempererat tali silaturahim, dan berbagi kebahagiaan dengan sesama umat muslim. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.