Skip to content
Home » Kapan Zakat Mal Diberikan

Kapan Zakat Mal Diberikan

Menunaikan zakat mal merupakan salah satu ibadah yang penting bagi umat Muslim. Zakat mal sendiri diwajibkan untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Namun, banyak di antara kita yang masih bingung tentang kapan sebaiknya zakat mal harus diberikan.

Dalam ajaran Islam, zakat mal harus diberikan setiap satu tahun sekali. Artinya, jika seseorang telah memiliki harta yang mencukupi untuk dikenai zakat mal, maka ia harus menunaikan zakat tersebut setiap tahunnya. Namun, kapan sebaiknya zakat mal harus diberikan?

Kapan Zakat Mal Harus Diberikan?

Menurut para ulama, zakat mal bisa diberikan kapan saja selama tahun tersebut. Namun, sebaiknya zakat mal diberikan pada bulan-bulan yang mulia seperti bulan Ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadits yang mengatakan bahwa zakat yang diberikan pada bulan Ramadhan akan memiliki keutamaan dan pahala yang lebih besar.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa zakat mal sebaiknya diberikan menjelang Idul Fitri. Hal ini karena Idul Fitri merupakan momen yang paling tepat untuk memberikan donasi, termasuk zakat mal. Dengan begitu, umat Muslim bisa merayakan Idul Fitri dengan hati yang lega karena telah menunaikan kewajiban zakat mal.

Bagaimana Cara Menunaikan Zakat Mal?

Agar zakat mal yang diberikan bisa diterima oleh pihak yang berhak menerima, maka sebaiknya anda menunaikannya melalui lembaga-lembaga yang terpercaya. Beberapa lembaga yang bisa anda gunakan untuk menunaikan zakat mal di antaranya adalah Baznas, Dompet Dhuafa, dan sebagainya. Selain itu, anda juga bisa menunaikannya pada Musalla atau Masjid terdekat.

Dalam menunaikan zakat mal, pastikan bahwa anda sudah memahami besaran zakat yang harus dikeluarkan. Perhitungan besaran zakat mal sendiri disesuaikan dengan harta yang dimiliki dan juga nisab yang berlaku pada tahun tersebut.

BACA JUGA:   Apa Itu Zakat Fitrah? Semua yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Zakat mal merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang memiliki harta yang mencukupi untuk dikenai zakat. Pemberian zakat mal sebaiknya dilakukan pada bulan-bulan mulia seperti bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri. Namun, yang terpenting adalah menunaikannya dengan cara yang benar dan melalui lembaga atau tempat yang terpercaya. Dengan begitu, pihak yang berhak menerima zakat mal bisa menerima dengan baik dan keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT bisa kita dapatkan.