Skip to content
Home » Berapa Besarnya Zakat Hasil Tambang Apabila Sudah Sampai Satu Nisab

Berapa Besarnya Zakat Hasil Tambang Apabila Sudah Sampai Satu Nisab

Salam sejahtera bagi saudara-saudaraku yang mencari informasi mengenai berapa besarnya zakat hasil tambang apabila sudah sampai satu nisab. Sebelum kita membahas lebih lanjut, marilah kita mengenal terlebih dahulu apa itu zakat dan nisab.

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap umat Muslim yang memenuhi syarat tertentu. Zakat sendiri memiliki banyak jenisnya, seperti zakat mal, zakat fitrah, zakat pertanian, dan lain sebagainya. Namun, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas zakat hasil tambang.

Sedangkan nisab adalah sejumlah harta yang telah mencapai batas minimal yang ditentukan oleh syariat Islam untuk dikenakan zakat. Besarnya nisab sendiri berbeda-beda tergantung jenis zakat yang dikenakan.

Kembali ke topik pembahasan kita, berapa besarnya zakat hasil tambang apabila sudah sampai satu nisab? Menurut pandangan para ulama, besarnya zakat hasil tambang adalah 20% dari nilai harta yang ditemukan jika telah mencapai nisab.

Misalnya, jika ada seseorang yang menambang emas dan telah memiliki harta sebesar satu nisab, maka zakat yang harus dikeluarkan adalah 20% dari nilai emas yang ditemukan. Sebagai contoh, jika nilai emas yang ditemukan adalah 100 gram dan harga 1 gram emas saat itu adalah Rp800.000, maka zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 20% x (100 gram x Rp800.000) = Rp16.000.000.

Namun, perlu diingat bahwa zakat hasil tambang hanya dikenakan apabila nilai harta yang ditemukan telah mencapai nisab. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak tabel nisab zakat hasil tambang berikut ini:

Jenis Hasil Tambang Nisab (gram)
Emas 85
Perak 595
Tembaga 337,5
Nikel 1200
Timbal 750
Seng 750
Besi 750
Aluminium 750

Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa setiap jenis hasil tambang memiliki nisab yang berbeda-beda. Oleh karena itu, bagi para penambang, sangat penting untuk mengetahui berapa nisab dari hasil tambang yang mereka temukan agar dapat menghitung zakat dengan benar.

BACA JUGA:   Kenapa Petani dan Pedagang Berzakat

Sekian pembahasan kita mengenai berapa besarnya zakat hasil tambang apabila sudah sampai satu nisab. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.